Pick on Your Nunchaku

Berdasarkan Bahan :
1. Wooden Chuck - Nunchaku Kayu
nunchaku ini adalah tipe-tipe nunchaku yang kebanyakan dipake oleh para kawan-kawan nunchaku. nunchaku dengan jenis ini umumnya memiliki daya tahan yang cukup solid sehingga tidak akan mudah rusak apabila terjatuh ke tanah, dan juga memiliki bobot yang ideal untuk digunakan bernunchaku ria. oya, balik ke bahan dari kayu sendiri, kayu memiliki berapa jenis untuk dibuat nunchaku. apabila ingin merakit sendiri / membeli ke seseorang, pastikan agar anda telah memperkirakan bobot nunchaku sebelumnya. bobot kayu yang ideal untuk nunchaku freestyle memiliki berat maksimal 450-500 gram.

2. Stainless Chuck - Nunchaku Besi
nunchaku jenis ini adalah nunchaku yang paling pas untuk digunakan belajar trik ataupun flow. kenapa ? karena sifatnya yg cukup berat serta memiliki momentum ketika diayun. sehingga memudahkan untuk mengenal alur dari nunchaku sendiri. bobot nunchaku ini bermacam-macam, antara 400 g - 1,5 kg ( aku pernah denger orang luar pake nunchaku bobotnya segitu ). dan terlebih karena damagenya yang cukup besar, membuat kita untuk selalu lebih berhati-hati dalam bermain nunchaku.

3. Alumunium Chuck - Nunchaku Alumunium
nunchaku dengan bahan alumunium adalah salah satu nunchaku yang paling banyak digunakan freestyler karena bobotnya yang bisa diatur, serta damage hitnya yang kecil sehingga tidak terlalu sakit apabila nunchaku secara tidak sengaja mengenai badan. salah satu kekurangan dari nunchaku ini adalah daya tahan yang kurang, sehingga akan cepat rusak apabila terjatuh di tempat yang memiliki kontur tanah cukup keras. namun, kelebihan dari nunchaku ini adalah kesan kerincingnya yang gahar dan menambah sugesti positif saat bermain.

Berdasarkan Jenis :
1. Tetragon ( segi empat )
tidak begitu baik untuk digunakan ber-freestyle ria bila dibanding dengan nunchaku lain, dan jarang orang memakai nunchaku model tetragon selain untuk fightstyle ataupun koleksi. biasanya nunchaku model tetragon digunakan sebagai nunchaku fightstyle. tapi bukan berarti tetragon = fightstyle, hanya saja nunchaku model ini dominan dipakai oleh orang-orang beladiri.

2. Hexagon ( Segi enam, Okinawan, dsb. )
nunchaku jenis ini lagi-lagi dominan dipakai oleh para praktisi beladiri meski tidak jarang juga digunakan oleh para freestyler.

3. Octagon ( Segi delapan )
nunchaku model ini hampir sama seperti model nunchaku hexagon, yaitu pemakaiannya didominasi oleh para praktisi beladiri, meski tidak jarang juga nunchaku model seperti ini digunakan untuk freestyling.

4. Rounded ( lingkaran )
nuncaku model seperti ini adalah jenis nunchaku sejuta umat, baik freestyle maupun fightstyle, dikarenakan bentuknya yang dinamis dan tidak membuat grip selip.

Berdasarkan Konektor :
1. Tali
nunchaku dengan konektor tali memliki kelebihan dibanding nunchaku yang lain untuk maslalah trik finger. kenapa ? karena sifatnya yang tidak sekeras rantai dan lebih mudah untuk dipakai. kekurangannya adalah suara yang dihasilkan tidak sebising rantai.

2. Rantai
nunchaku dengan konektor rantai memiliki efek visual serta bunyi yang sangar dibanding tali, dan kelemahan dalam konektor ini adalah tidak bisa memaksimalkan trik finger. dan rantai sering dijadikan patokan untuk ukuran panjang-pendeknya konektor nunchaku.

Berdasarkan Panjang Konektor :

1. Panjang
nunchaku dengan konektor panjang umumnya identik dengan China yang memiliki kesukaan terhadap nunchaku dengan konektor panjang, meski secara kontrol lebih sulit dibanding yang pendek. ukuran panjang konektor ini biasanya diatas 8 mata rantai.

2. Sedang
nunchaku dengan konektor sedang adalah tipe-tipe yang paling sering digunakan untuk freestyling karena sifatnya yang mudah dikontrol. ukuran panjang dari konektor ini biasanya dihitung berdasarkan lebar punggung tangan dari telunjuk hingga kelingking, meski tidak jarang juga ada yang menghitungnya dari jempol. namun secara garis besar, nunchaku dengan konektor pendek memiliki panjang kisaran 3-8 mata rantai.

3. Pendek
 nunchaku dengan konektor pendek atau bisa dikatakan hampir tidak ada ini biasanya digunakan untuk bermain speed, dan lebih sulit untuk digunakan roll. contoh nunchaku dengan konektor super pendek adalah Prochux, dimana dinamakan demikian karena belum tentu orang yang mahir memegang nunchaku dengan kedua tipe diatas akan mahir juga memainkan prochux.

Berdasarkan Berat :
1. 200 gram - 400 gram
nunchaku ini termasuk nunchaku kategori ringan, sehingga lebih mudah untuk dimainkan. namun kekurangannya adalah flow yang akan berantakan apabila belum mampu mengetahui alur.

2. 400 gram keatas
nunchaku ini sudah termasuk golongan nunchaku berat. baik untuk belajar alur, maupun endurance.

mungkin segitu dulu penjabaran untuk hari ini, semoga bisa mendapatkan nunchaku yang terbaik untuk kalian :)

Sumber : Zuhe Media
Penulis  : Hadi Rizki N (Inc Bandung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar